Skip to main content

Taiwanese Drama Review: My Teacher is Xiao-He (2016)

Wow!
Selama aku ngikutin drama-drama Taiwan beberapa tahun kebelakang, drama schoollife ini merupakan drama terbanyak episode yang kutonton. Bahkan sampai postingan ini diturunkan, drama ini masih tayang (sampai pada 15 September 2016 sudah diepisode 135 bookk). Eett, tapi jangan dibayangin kalau durasi per episodenya juga panjang. Nggak. Per episode durasinya cuma 19 sampai 20 menit-an aja kok. Kalau seharian selo, dalam sehari itu bisa nonton lima sampai enam episode (atau lebih ya :D), apalagi ini ceritanya tentang anak-anak SMA *yang seharusnya*. Selain ada cerita dari anak-anak siswanya, juga diceritain kisah para guru masing-masing.

Sekarang aku bingung mau nulisin bagian yang mana dulu--siswanya atau para guru dulu, soalnya mereka sama-sama dapat porsi yang pas. Ini bagusnya drama Taiwan sana, seberapa banyaknya tokoh didrama itu, pembagian porsi adegan bisa pas dan hampir jarang ditemuin konflik-konflik yang gak selesai alias semua penyelesain konflik bisa diteerima dengan akal.

Okeh, back to Drama My Teacher is Xiao-He.. Sebelum mulai mereview jalan ceritanya, segala informasi dibawah ini aku dapat dari My Teacher Is Xiao-He wikipedia dan dramawiki.

Klik kanan, open with new tab untuk nonton full episode disini



我的老师叫小贺 My Teacher Is Xiao-He

*Tokoh dan pemeran (para guru)
- Bu Guru He Qian Dai / wali kelas 2B /Guru Bahasa Mandarin diperankah oleh Chloe Wang
- Bu Guru Ke Kai Mi / Ke Mi / Guru Kesenian diperankan oleh Sabrina Pai
- Pak Wakil Kepala Xiong Shi Jia / Guru Matematika diperankan oleh Gino Tsai 
- Pak Guru Luo Tian Cai / guru olahraga diperankan oleh Qian Jian Zhong
- Pak Guru Yang Cao Ren / wali kelas 2A diperankan oleh Kurt Chou
- Instruktur Sekolah Cao Nian Hua diperankan oleh Hua Qia Nian
- Pak Guru Kedisplinan Du You De diperangkan oleh  Mario Pu

*Tokoh dan pemeran (para siswa)
- Zheng Ming Wei diperankan oleh Danny Li
- Mao Ling Ling diperankan oleh Mia Qiu
- Jin Xiao Shuai diperankan oleh Xiba Huang
- Zhou Xin Jie diperankan oleh Amber Su
- Chen Long Fei diperankan oleh Josh Wu
- Huang Yan Qing diperankan oleh Lai Hui Ru
- Sun Yu Qing diperankan oleh Hong Yu Qing
*ada siapa lagi dapat dibaca disini *klik
  

He Qian Dai merupakan guru baru yang akan ditempatkan menjadi guru kelas "super" 2B. Kenapa dibilang "super"? Karena bagi kebanyakan guru, kelas 2B punya siswa yang istimewa-nya begitu dah.. Hehehe. Istimewa kekeluargaannya :D 
Benar saja. Diawal masa-masanya menjadi seorang guru kelas, He Laoshi langsung dihadapkan pada kasus murid yang memiliki orang tua sebagai anggota dewan sekolah, Jin Xiao Shuai yang sempat ribut dengan teman sekolahnya sendiri, Zheng Ming Wei. Xiao Shuai pun memutuskan untuk tidak masuk sekolah sementara karena merasa tersinggung dan membuat He Laoshi mencarinya sampai kerumah. Berhari-hari mencoba mengajak Xiao Shuai balik kesekolah lagi dan saat itu guru dan murid ini dipertemukan dengan tokoh baru, seorang cowo (sok) misterius, awalnya sih sedikit dingin, namanya Chen Long Fei. Dan beberapa hari setelah Xiao Shuai masuk sekolah lagi Chen Long Fei masuk menjadi murid baru disekolah itu. 
Habis itu jalan cerita drama ini nggak jauh-jauh dari kehidupan para murid disekolah: persabahatan, masalah antara siswa, dengan guru, dan sudah mencuil bagian kisah kasih ala SMA. 

Biarpun Zheng Ming Wei sering menyebabkan permasalahan baru dikelas, tapi niat dia baiikk bangeet, membela teman-temannya yang terbully atau dia juga memarahi teman yang salah. Diluar itu karena Wei ge juga kekeluargaan dan kekompakan 2B harus diacungi jempol. Seperti pas siswi Huang Yan Qing diharuskan memilih jalan izin dari sekolah karena dia terpilih masuk tahap lanjutan audisi nyanyi, Wei ge yang lagi diskorsing gara-gara berantem sama Xiao Shuai, bela-belain kesekolah demi memberi Yan Qing semangat mengikuti audisi itu ; 
Dan ketika Xiao Shuai juga harus izin sekolah agar bisa merawat papanya yang sakit diluar negeri, Wei ge pun tetep merasa kehilangan. Kehilangan teman ribut :p 

Kembali ke kisah He laoshi dulu ya. 
Saat dia sudah asyik menjadi seorang guru disekolah adiknya sendiri, He Yi Mei, ceritanya disekolah ini pun dia dipertemukan kembali dengan mantan pacar (mungkin sih...). Namanya Xiong Shi Jia. Pak Guru Xiong ditempatkan sebagai guru matematika. Dan kemudian dia juga diangkat menjadi bagian wakil kepsek, karena integritasnya ketika dihadapkan pada satu permasalahan. He laoshi 'dipaksa' berdamai dengan masa lalunya yang memilih tidak mengacuhkan Xiong zhuran pada awalnya. Tapi karena kegigihan usaha Xiong zhuran dalam mendapat hati He laoshi lagi dan karena zhuran itu sering membantu permasalahan yang timbul dikelas B, He laoshi pun luluh. Dia mulai bisa kembali berteman dengan Xiong zhuran. 

Kisah kasih disekolah para siswa?
Pasti ada dong! Dan menarik! Bikin gemeesss juga...
Awal cerita diceritain usaha Xiao Shuai mendapat perhatian murid cantik + pinter + ketua kelas + ketua baris sekolahan, Mao Ling Ling. Tapi Ling Ling tetep menganggapnya temannya saja. Sampai pas Xiao Shuai pamit sementara sama Ling Ling, dia yakin hati Ling Ling bisa berubah ketika dia kembali ke Taiwan lagi nanti. Mao Ling Ling sudah punya orang lain dalam hatinya. Nggak semudah itu berubah untuk orang lain, seperti untuk Xiao Shuai. Dan ini hanya sahabatnya, Zhou Xin Jie yang tahu siapa yang disukai Ling Ling. 

Kalau orang suka sama seseorang, dia akan seribu cara buat mendekati yang disukainya. Inilah bagusnya persaingan Zhou Xin Jie dan Dai Mi Qi demi berebut perhatian Chen Long Fei. Gimana cara Xin Jie membuat Long Fei mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya, mencoba mengobati trauma Long Fei. Tapi kemudian ada yang hadir diantara mereka. Mi Qi mulai mendekati Long Fei dengan menawarkan diri membantu Long Fei berlatih demi mengikuti kompetisi renang mewakili sekolah. Tapi Mi Qi punya cara yang salah. Bukan cinta yang salah, karena cinta tak pernah salah. *Eeeaaa* 

Ternyata Ling Ling terbakar cemburu melihat Wei ge bisa lebih dekat sama Sun Yu Qing, siswi baru yang masuk karena melihat pergelaran kreativitas anak-anak 2B. Ini yang bikin temen-temen Yu Qing salah mengira dan menjodohkan Yu Qing dan Wei ge. Padahal Yu Qing tahu siapa yang lebih diperduliin Wei ge. Tapi itu yang gak dia sampaikan kesiapapun, termasuk 3 sahabatnya. 

Dan bagaimana perasaanmu ketika kamu baru kembali dari izin panjang-mu disekolah dan mendapati posisimu dalam gengmu diganti oleh seorang anak baru? Bahkan dua sahabatmu lebih dekat sama anak baru itu?
Kalian harus mencermati situasi dan keadaan Yan Qing yang ketika dia kembali dan tahu Yu Qing lebih diperhatikan dua teman baiknya, Gao Wan Jun dan Cha Fei Yan.  

Hmm.. Postingan ini akan memiliki bagian selanjutnya setelah drama ini benar-benar tamat (karena masih tayang hingga 16 September 2016), plus lengkap dengan foto-foto per adegan yang berhasil dicuplik dari berbagai sumber dan lagu yang menjadi closing soundtrack drama ini.  

Dan buat kalian yang amatir Bahasa Mandarin sepertiku, jangan khawatir, meskipun link diatas langsung dari channel youtube Formosa TV Taiwan dan tanpa English subtitles, apalagi Indonesian subtitles, tapi percaya deh bahasanya yang ringan dan dalam bahasa pergaulan sehari-hari jadi kita pun gampang mengerti dialog-dialognya. 

Akhirnyaa... Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, kawan..

Terima kasih,
XOXO 

Comments

Popular posts from this blog

Top 7 The Most Handsome Male-Badminton Players + 2019's Highlights version of Alika's Social Diary

Dajia hao!  Hello, everyone! Before you guys read my first blogpost in 2020, I suggest you   to re-read this one [ click the link ]. Y ou should re-read it first, then I am sure that you are going to familiar with what I have posted here. DISCLAIMER: The badminton players who are in the nominees’ list, had taken from BWF ranking update in December of17 th , 2019, which three days after final day of BWF World Tour Final 2019 was held. It can say the players in the list are the players with good-looking appearances and have great performances in 2019. Hereby, I could write as my subjective insight, but also I kept my eye to online badminton lovers’ insights. Shall we go on? First of all, I started to choose the players nominees are in the great 20 of men singles and mixed doubles’ world ranking. While for men doubles scction, I had taken them among the great 16 (if we calculated the great 16 of men doubles is equals to 20 men singles in combine with 20 male players of mixe

Top 7 The Most Beautiful Badminton-Female Players

Dajia hao! Sekian lama nggak bikin topik badminton, kali ini tangan sudah bergetar untuk menambahkan tulisan ini dan melengkapi tulisan yang pada waktu itu sempat diposting, “ The Most Handsome Badminton-Male Players ”. Pemain muda dari Taiwan, Wang Tzu Wei berhasil mencuri pandangan dan perhatian secara berlebih, akhirnya doi menjadi pemilik nomor satu! Nah, itu adalah “Prince”-nya, sekarang aku mau mencari siapa yang menjadi “Princess”-nya. Apakah si Putri akan berasal dari negara yang sama dengan sang Pangeran? Okay, simak yukk.. Aku mulai dengan memilih nominasi dari masing-masing sektor dulu deh ya? Mulai dari Women Singles, Women Doubles, dan pastinya cewek-cewek dari Mixed Double juga diperhitungkan dong... *DISCLAIMER : Pilihan nominasi ini kuambil berdasarkan 25 ranking BWF masing-masing sektor WS, WD, XD tanggal 1 April 2019 (BWF last update: 28 Maret 2019) . TOP 5 beautiful player badminton Women Singles : 1. Nitchaon Jindapol [Thailand] 2.   Aya

3 Pasangan Beda Usia Paling Favorit - Opini #blogsocialdiary

  Aku mau sedikit saja mencurahkan opini, pendapat, perasaanku disini, oke? Karena hal ini sedikit banyak (sekali) mengganggu otakku bekerja secara normal, bahkan sampai kebawa mimpi. Bukan bermaksud lebay, tapi, ya begitulah. Selanjutnya, biar T2 yang menjelaskan inti postingan berikut lewat salah satu lagu mereka, Bronis: Sebelumnya aku sekalian mau menyapa Para Penikmat musik C-pop (Chinese-pop) di Indonesia nih. Teman-teman Pecinta C-pop pasti kenal dong ya, sama boysgroup asal Tiongkok beranggotakan tiga  cowok muda dan super duper manis, TF Boys? Pasti pernah dengar dong, masa nggak? Hehehe. Iya, yang salah seorang personelnya, Yang Yi Qianxi atau Jackson Yee pernah datang ke Jakarta. Tepatnya saat penutupan event Asian Games 2018. Sayangnya, dua rekan Yi Qianxi itu, Wang Junkai dan Wang Yuan tidak ikut hadir karena kabarnya saat itu nasib grup TF Boys memang sedang terombang-ambing dan ditepi jurang perpisahan.  Eits, kali ini bukan soal Group TF Boys yang mau kutulis dihalaman